Kamis, 02 April 2009

Persiapan Menghadapi UN SMA 2009

Tanpa terasa, waktu pelaksanaan Ujian Akhir Nasional Tahun Pelajaran 2008/2009 semakin mendekat. Untuk tingkat SLTA, UN diadakan serentak mulai 20 - 23 April 2009. Banyak siswa yang merasa gamang dan cemas menghadapi UN 2009 ini karena standar kelulusan yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Untuk tahun 2009 ini SKL yang ditetapkan pemerintah adalah 5,50.

Untuk mengurangi ketegangan dan kecemasan siswa, SMA Negeri 1 Pasaman telah mengadakan belajar tambahan sejak Nofember 2008, terutama untuk mata pelajaran yang di UN-kan. Kegiatan belajar tambahan ini bertujuan membahas kembali materi-materi pelajaran berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang akan diujikan dalam UN serta membahas soal-soal yang relevan. Untuk lebih memantapkan persiapan ini, guru-guru yang akan terjun membimbing siswa inipun dibekali lebih dulu selama dua hari dengan mendatangkan tenaga dosen dari UI dan instruktur Bimbel yang telah berpengalaman sebagai narasumber.
Selain pembahasan materi dan soal, untuk mengetahui tingkat kesiapan siswa dan sejauhmana efektifitas pelaksanaan belajar tambahan ini, diadakan pula try out UN dalam bentuk ujian PraUN sebanyak dua kali; pertama, praUN tingkat propinsi, kedua, praUN tingkat kabupaten.

Dari kedua kali praUN tersebut, ternyata hasilnya masih belum seperti yang diharapkan.
Untuk memperbaiki kondisi psikologis dan meningkatkan rasa percaya diri, maka siswa kelas XII ini juga diberi pembekalan berupa training peningkatan motivasi diri sehari penuh bersama narasumber Epi Santoso, SP dan Supriyono, STP. Dalam materi muhasabah yang disajikannya, Epi Santoso mengajak siswa untuk mengingat dan menghitung dosa yang telah dilakukan selama ini, seperti; melawan kepada orangtua dan guru, melalaikan shalat, menyia-nyiakan waktu, pergaulan yang kurang terkendali,dan perbuatan-perbuatan yang merugikan oranglain ataupun diri sendiri. "Dosa merupakan penyebab kegelisahan jiwa, dan penghalang dari masuknya ilmu kedalam hati", lanjutnya.

Setelah mengikuti kegiatan ini terlihat siswa menjadi lebih percaya diri dan lebih bersemangat menghadapi UN. Mudah-mudahan pelaksanaan UN di SMAN 1 Pasaman tahun ini, yang diikuti 118 siswa kelas XII IPA dan 167 siswa kelas XII IPS, dapat berjalan lancar dan sukses, serta dapat menghantarkan mereka ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi

Tidak ada komentar: