Senin, 13 April 2009

SMA 1 Pasaman Gelar Pembekalan Olimpiade Sains

Salah satu program pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui Departemen Pendidikan Nasional adalah penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional yang dilakukan secara berkala, satu tahun sekali, dengan peserta para siswa sekolah menengah. Olimpiade Sains Nasional yang merupakan ajang kompetisi para siswa sekolah menengah dalam bidang sains mempertandingkan delapan bidang pelajaran yaitu: Matematika, Fisika, Biologi, Astronomi, Kimia, Komputer, Ekonomi, dan Sains Kebumian.

Tingginya tingkat persaingan dan ambang batas nilai minimal (passing grade) untuk dinyatakan lolos dari seleksi kabupaten dan provinsi menyebabkan persiapan yang baik dan terencana merupakan faktor utama yang harus dimiliki oleh tiap siswa untuk dapat mengikuti Olimpiade Sains Nasional. Sehubungan dengan itu, SMA Negeri 1 Pasaman telah membentuk Tim Pembekalan Siswa Menuju Olimpiade Sains 2010. Tim ini terdiri dari Drs. Mon Eferi. M, MSi. sebagai koordinator umum dan delapan orang guru lainnya sebagai koordinator per mata pelajaran yang dilombakan, yaitu; Finaliasti, SPd. (Matematika), Maryules Hendra, SPd. (Fisika), Dra. Armaida (Biologi), Saeful Bahri, SPd. MSi. (Astronomi), Dra. Yusniarti (Kimia), Benni Saputra (Komputer), Retno Utari, SPd. (Ekonomi), dan Dra. Mairoza (Sains Kebumian). Untuk meningkatkan kemampuan guru dalam membimbing siswa, koordinator/guru-guru pembimbing ini juga telah dikirim mengikuti Diklat Guru Pembina Olimpiade Sains Tingkat Propinsi yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Propinsi Sumatera Barat dari tanggal 3 Maret sampai 2 April 2009 di Padang.

Tim ini mulai bertugas sejak bulan Nofember 2008, melakukan sosialisasi dan penjaringan terhadap siswa yang berminat pada masing-masing mata pelajaran. Siswa yang telah mendaftar selanjutnya diberikan pembekalan materi dan latihan mengerjakan soal-soal olimpiade. Terakhir, diadakan seleksi untuk pembentukan tim utusan sekolah serta pembekalan intensif terhadap tim inti ini sebelum diterjunkan ke seleksi tingkat kabupaten Pasaman Barat yang akan digelar pada pertengahan April 2009 ini.

Tidak ada komentar: